Rabu, 09 November 2011

RPP IPS KELAS 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Neg. 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
1. Memahami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1.1  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.
Indikator
:
*      Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) indonesia.
*      Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di indonesia.
*      Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah indonesia.
*      Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
*      Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
Alokasi Waktu
:
8 x 40 menit (3x pertemuan).

A.    Tujuan pembelajaran.
Setelah kegiatan pembelajaran selesai  siswa dapat:
1.      Menunjukkan letak Indonesia dilihat dari letak geografis, letak astronomis, dan letak geologi
2.      Mengidentifikasi hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia dan perbedaan waktu
3.      Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
4.      Menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia
5.      Menyebutkan jenis flora dan fauna tipe Asia dan Australia
6.      Mengidentifikasi jenis-jenis tanah dan pemenfaatannya.

B.     Materi Pembelajaran.
·         letak geografis astronomi dan geologi Indonesia
·         kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia
·         musim di Indonesia
·         persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallace dan Weber
·         persebaran jenis tanah dan peanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia

C.    Metode
·         Ceramah bervariasi
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Observasi /pengamatan

D.  Langkah-langkah kegiatan
  1. Pertemuan 1
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu tentang peta.
Motivasi    : Siswa diminta untuk menunjukkan letak wilayah Indonesia dan menyebutkan batas-batas wilayahnya.
a.       Kegiatan Inti
1.      Siswa dibagi dalam 5 kelompok.
2.      Setiap kelompok diberi tugas sebagai berikut.
·         Kelompok 1 :  membahas tentang letak geografis
·         Kelompok 2 :  membahas tentang letak astronomis
·         Kelompok 3 :  membahas tentang letak geologi.
·         Kelompok 4 :  membahas kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
·         Kelompok 5 :  membahas perubahan musim di Indonesia.
3.      Setiap kelompok menyajikan hasil diskusi di depan kelas
4.      Tanya jawab
c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 2
a.   Pendahuluan
Apersepsi              : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu tentang jenis flora dan fauna.
Motivasi               : Siswa diminta untuk menunjukkan lokasi persebaran flora dan fauna di Indonesia

b.      Kegiatan Inti
1.      Dengan mengamati peta, siswa mampu menunjukkan batas wilayah pengelompokkan flora dan fauna menurut Wallace dan Weber.
2.      Guru menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi persebaran flora dan fauna.

c.    Penutup
1.      Memberikan tugas membuat peta sebaran flora dan fauna di Indonesia
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 3
a.   Pendahuluan
-     Apersepsi          : Mengingatkan kembali pelajaran yang lalu.
-     Motivasi           : Mengamati jenis-jenis tanah.

b.   Kegiatan Inti
Siswa dibagi atas lima kelompok dan mendiskusikan tentang:
·         Kelompok 1 :  membahas pengertian tanah dan bahan penyusun tanah
·         Kelompok 2 :  membahas proses terbentuknya tanah.
·         Kelompok 3 :  membahas profil tanah
·         Kelompok 4 :  membahas faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan tanah antardaerah.
·         Kelompok 5 :  membahas persebaran tanah dan pemanfaatannya.

Menyajikan hasil diskusi di depan kelas untuk ditanggapi

c.    Penutup
1.      Memberikan kesimpulan diskusi
2.      Memberikan tugas pengamatan jenis tanah di rumah masing-masing siswa.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku yang relevan
2.      Peta dan atlas

F.   Penilaian
  1. Teknik Penilaian:
Tes tulis.
Tes unjuk kerja.
  1. Bentuk Instrumen:
Tes uraian
Penugasan (produk)

  1. Soal/instrumen:
1.      Sebutkan batas-batas wilayah Indonesia!
2.      Jelaskan kaitan letak geografis dengan pembagian daerah waktu
3.      jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
4.      Jelaskan jenis flora dan fauna tipe Asia, australia dan peralihan
5.      Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan jenis tanah antar wilayah!

Uji petik kerja produk :
            Tunjukkanlah pada atlas, letak Indonesia berikut batas-batas wilayahnya.


                                                                                                             Rongi,    Juli 2011

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd  
NIP. 19690609 199702 1 002
 IHSAN ISKANDAR, S.Pd  



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Neg. 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
1.   Memahami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1.2  Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya.
Indikator
:
*      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
*      Mendeskripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan kematian.
*      Mengidentifikasi faktor-faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.
*      Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi dan pulau di indonesia.
*      Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
*      Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut.
*      Mengartikan angka usia harapan hidup.
*      Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
*      Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel dan grafik.
*      Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
*      Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya.
Alokasi Waktu
:
12 x 40 menit (5x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
      Setelah kegiatan pembelajaran selesai  Siswa dapat :
      1.   Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk.
      2.   Mendeskripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian.
3.      Mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan penunjang kelahiran dan kematian.
4.      Membandingkan tingkat kepadatan penduduk antar propinsi di Indonesia.
5.      Menghitung angka perbandingan laki-laki dan perempuan(sex ratio), angka ketergantungan serta mengartikan angka tersebut.
6.      Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
7.      Mengartikan angka usia harapan hidup.
8.      Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
9.      Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, grafik dan tabel.
10.  Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
11.  Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya.

B. Materi Pembelajaran
1.      Faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk.
2.      Angka kelahiran dan kematian serta cara menghitungnya.
3.      Faktor penunjang/penghambat kelahiran dan kematian.
4.      Kepadatan penduduk dan cara menghitungnya.
5.      Piramida penduduk Indonesia.
6.      Cara menghitung sex ratio dan beban ketergantungan.
7.      Angka usia harapan hidup.
8.      Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
9.      Membuat peta, grafik dan tabel kependudukan.
10.  Jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
11. Dampak positif dan negatif dari migrasi serta usaha penanggulangan dampak negatifnya.

C. Metode
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Observasi/pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
  1. Pertemuan 1
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi    : Bertanya kepada siswa tentang pengertian penduduk.

c.       Kegiatan Inti
1.   Guru menerangkan cara perhitungan angka kelahiran dan kematian
2.   Siswa dibagi atas 2 kelompok dan mendiskusikan tentang:
3.   Setiap kelompok diberi tugas sebagai berikut.
·         Kelompok 1 :  membahas tentang faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk.
·         Kelompok 2 :  membahas faktor penunjang/penghambat kelahiran dan kematian
4.      Setiap kelompok menyajikan tugas di depan kelas
5.      Tanya jawab

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 2
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi    : Mengamati peta kepadatan penduduk.

b.      Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan materi kepadatan penduduk disertai cara perhitungannya.
2.      Guru menjelaskan cara membuat peta, grafik, dan tabel kependudukan.
3.      Membuat diskusi kelas mengenai ledakan pendduduk dan upaya mengatasinya.
4.      Tanya jawab.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
2.      Memberikan tes.
3.      Memberikan tugas membuat peta kepadatan penduduk antarprovinsi di Indonesia.
4.      Guru senantiasa memberikan apresiasi (inforcement positif) kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 3
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi    : Mengamati bentuk piramida penduduk

b.      Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan materi tentang perhitungan sex ratio, angka ketergantungan, angka harapan hidup, dan cara pembuatan piramida penduduk.
2.      Berdasarkan data pada buku paket, siswa dituntun untuk membuat piramida penduduk.



c.    Penutup
1.      Memberikan tes.
2.      Guru senantiasa memberikan apresiasi (inforcement positif) kepada seluruh siswa agar termotivasi.


  1. Pertemuan 4
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi    : Bertanya tentang siswa mengenai arti migrasi

b.      Kegiatan Inti
1.      Membuat grup diskusi kelas mengenai jenis-jenis migrasi dan faktor-faktor penyebabnya.
2.      Tanya jawab.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan bersama atas hasil diskusi.
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi (inforcement positif) kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 5
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi    : Bertanya tentang siswa mengenai arti urbanisasi dan transmigrasi

b.      Kegiatan Inti
1.      Membuat grup diskusi kelas mengenai faktor penarik dan pendorong dari urbanisasi dan transmigrasi.
2.      Tanya jawab.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan bersama atas hasil diskusi.
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi (inforcement positif) kepada seluruh siswa agar termotivasi.

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku yang relevan
2.      Peta dan atlas

F.   Penilaian
  1. Teknik Penilaian:
Tes lisan
Tes unjuk kerja.
  1. Bentuk Instrumen:
a.       Tes uraian
b.      Penugasan (produk)
  1. Soal/instrumen:
1.      Sebutkan faktor-faktor yag memengaruhi pertumbuhan penduduk!
2.      Sebutkan 4 faktor penghambat kematian!
3.      Jelaskan pengertian dari sex ratio 102!
4.      Jelaskan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi ledakan penduduk!
5.      Jelaskan dampak positif dari urbanisasi!




                                                                                                             Rongi,    Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
IHSAN ISKANDAR, S.Pd



















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Neg. 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
1.   Memahami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1.3  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.
Indikator
:
*        Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya).
*        Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
*        Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
*        Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
*        Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
*        Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
*        Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
Alokasi Waktu
:
7 x 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
1.      mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan.
2.      Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
3.      mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
4.      Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
5.      Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
6.      Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
7.      Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan.

B. Materi Pembelajaran

1.      Lingkungan hidup dan pelestariannya.
2.      Unsur-unsur lingkungan.
3.      Arti penting lingkungan bagi kehidupan.
4.      bentuk kerusakan lingkungan dan faktor penyebabnya.
5.      Hakikat pembangunan berkelanjutan.
6.      Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
7.      penerapan pembangunan berkelanjutan.

C. Metode

1.      ceramah bervariasi
2.      diskusi
3.      tanya jawab
4.      observasi

 D. Langkah-langkah Kegiatan
  1. Pertemuan 1
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi    : Bertanya kepada siswa tentang pengertian lingkungan dan
 pelestarian lingkungan



b.   Kegiatan Inti
Guru membuat focus group discussion mengenai (a) lingkungan hidup dan pelestariannya, serta (b) arti penting lingkungan bagi kehidupan.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
2.      Memberikan tes.
3.      Memberikan tugas untuk mengamati kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal siswa.
4.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.


  1. Pertemuan 2
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi   : Mengamati VCD atau dokumentasi mengenai kerusakan lingkungan di ruang media.

b.    Kegiatan Inti
1.      Setelah menonton film dokumenter mengenai kerusakan lingkungan, guru mengarah siswa pada diskusi, yaitu tentang penyebab kerusakan dan usaha pelestarian/penanggulangan yang paling baik.
2.      Tanya jawab.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
2.      Memberikan tugas membuat kliping tentang kerusakan lingkungan dari media cetak (masing-masing 5 penyebab kerusakan lingkungan), baik yang disebabkan oleh manusia maupuan oleh alam.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi (inforcement positif) kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 3
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi    : Bertanya kepada siswa tentang arti dari pembangunan.

b.    Kegiatan Inti
1.      Melakukan studi kepustakaan, yakni membaca buku-buku sumber yang berkaitan tentang hakikat dan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan, serta penerapannya.
2.      Siswa membuat kesimpulan atau ringkasan dari buku sumber yang dibacanya.
3.      Tanya jawab.

c.    Penutup
1.      Memberikan tes.
2.      Memberikan tugas membuat laporan tentang penerapan pembangunan yang tampak (atau dapat diamati) di sekitar tempat tinggal siswa.
3.      Memberikan tugas membuat peta kepadatan penduduk antarprovinsi di Indonesia.
4.      Guru senantiasa memberikan apresiasi (inforcement positif) kepada seluruh siswa agar termotivasi.


E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku yang relevan

F. Penilaian

  1. Teknik Penilaian:
a.       Tes lisan
b.      Tes tertulis
c.       Tes unjuk kerja.
  1. Bentuk Instrumen:
a.       Tes uraian
b.      Penugasan (produk)
  1. Soal/instrumen:
1.      Sebutkan 3 unsur lingkungan hidup!
2.      Jelaskan manfaat hutan untuk kehidupan!
3.      Sebutkan beberapa contoh usaha pelestarian lingkungan!
4.      Sebutkan 4 ciri pembangunan berkelanjutan!
5.      Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan!


                                                                                                             Rongi,   Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa
Guru Mata Pelajaran IPS





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
IHSAN ISKANDAR, S.Pd






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Neg. 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
1.   Memahami permasalahan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1.4  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan.
Indikator
:
Ø  Menjelaskan permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas)
Ø  Mengidentifkasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit (2 x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai  Siswa dapat :
1.    Menjelaskan permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas)
2.    Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

B. Materi Pembelajaran
1.      Permasalahan penduduk Indonesia
2.      dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan

C. Metode
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan
  1. Pertemuan 1
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi   : Bertanya kepada siswa tentang masalah kependudukan yang ada di Indonesia.

b.   Kegiatan Inti
1.      Guru membuat 2 kelompok  focus group discussion.
2.      Kelompok 1 membahas mengenai lingkungan hidup dan pelestariannya, serta Kelompok 2 membahas tentang arti penting lingkungan bagi kehidupan.
3.      Mempresentasikan hasil diskusi.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 2
a.   Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
Motivasi   : Bertanya kepada siswa tentang dampak dari permasalahan kependudukan terhadap pembangunan di Indonesia.



b.   Kegiatan Inti
1.      Guru membagi kelas ke dalam 3 kelompok.
2.      Kelompok 1 membahas masalah kependidikan,
Kelompok 2 membahas masalah kesehatan dan pendapatan
Kelompok 3 membahas tentang dampak permasalahan kependudukan terhadap pembangunan.
3.      Mempresentasikan hasil diskusi.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan hasil diskusi secara bersama-sama.
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

E. Sumber dan Media Pembelajaran

1.      Buku yang relevan

F. Penilaian

1.      teknik penilaian
-          tes tertulis
2.      bentuk instrumen
-          tes uraian

    Instrumen
1.      Sebutkan permasalahan kependudukan dari segi kuantitasnya!
2.      Jelaskan permasalahan pendidikan apa saja yang dihadapi Indonesia
3.      Sebutkan upaya apa saja untuk meningkatkan perekonomian rakyat Indonesia!
4.      Jelaskan pengaruh kepadatan penduduk yang tidak merata bagi pembangunan
5.      Sebutkan dampak apa saja yang dihadapi Indonesia dalam bidang pembangunan akibat dari permasalahan pembangunan!



                                                                                                          Rongi,    Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa.
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
IHSAN ISKANDAR, S.Pd

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Neg. 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
2.    Memahami proses kebangkitan
Kompetensi Dasar
:
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah.
Indikator
:
Ø  Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial.
Ø  Mengidetifikasi  pengaruh yang di timbulkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah.
Ø  Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat di berbagai daerah
Ø  Mengedentifikasi daerah-daerah persebaran agama kristiani
Alokasi Waktu
:
8 x 40 menit (3 x pertemuan)



A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi bangsa-bangsa barat yang pernah menjajah Indonesia.
2.      Menjelaskan secara kronologis kedatangan bangsa Portugis beserta tujuannya.
3.      Menjelaskan secara kronologis masa penjajahan Belanda di Indonesia s/d bubarnya VOC.
4.      Menjelaskan reaksi bangsa Indonesia terhadap kedatangan Portugis dan aturan-aturan VOC terhadap rakyat Indonesia.
5.      Mengidentifikasikan kebijakan masa pemerintahan Daendles.
6.      Mengidentifikasikan kebijakan masa pemerintahan Raffles.
7.      Membedakan sistem tanam paksa masa Daendles dan Van DenBush
8.      Menjelaskan manfaat diberlakukannya pola pintu terbuka bagi bangsa Indonesia.
9.      Menjelaskan perlawanan-perlawanan rakyat Indonesia menentang Kolonialisme di berbagai daerah.
10.  Menggambar peta Indonesia dan mengarsir daerah persebaran agama nasrani.

B. Materi Pembelajaran
1.      Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial
2.      Pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan pemerintah kolonial diberbagai daerah.
3.      Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat di berbagai daerah.
4.      Daerah-daerah persebaran agama Nasrani.

C. Metode
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Observasi / pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
  1. Pertemuan 1
a.   Pendahuluan: menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Apersepsi : Mengingatkan kembali pelajaran tentang imperialisme di Indonesia melalui tanya jawab.
-     Motivasi          : menampilkan peta dan gambar-gambar tokoh kolonialisme yang pernah berkuasa di Indonesia.



b.   Kegiatan Inti
1.      Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber / paket dan mengamati peta / gambar yang berkaitan dengan masuk dan berkembangnya imperialisme di Indonesia
2.      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan /membahas peninggalan-peninggalan kolonial di daerah masing-masing dan pengaruhnya bagi daerah setempat s/d lahirnya Pergerakan Nasional.
3.      Kelompok I membahas KD 2.1 Indikator 1 dan tujuan pembelajaran 1,2,3,4
Kelompok II membahas KD 2.1 Indikator 2 dan tujuan pembelajaran 5,6,7,8
Kelompok III membahas KD 2.1 Indikator 3 dan tujuan pembelajaran 9
4.      Menugaskan siswa untuk membuat transparansi sebagai presentasi antara satu sampai lima lembar dengan font size 16 size Comic Sans MS

c.    Penutup
Mengecek kesiapan setiap kelompok dalam merencanakan presentasi pada pertemuan yang akan datang.
Penilaian 
Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.


  1. Pertemuan 2
a.   Pendahuluan: menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Apersepsi : Tanya jawab mengenai materi minggu lalu tentang tugas yang diberikan di rumah.
-     Motivasi          : menampilkan peta dan gambar-gambar tokoh(pahlawan) Indonesia yang menentang pemerintahan kolomial.

b.   Kegiatan Inti
1.      Guru memerintahkan siswa untuk berkelompok sesuai keelompok yang telah  disepakati.
2.      Kelompok  satu mempresentasikan makalahnya yang berjudul ‘’KEHADIRAN BANGSA BARAT dan TERBENTUKNYA KEKUASAAN KOLONIAL di INDONESIA’’  diteruskan kelompok dua presentasi makalah yang berjudul ‘’KEBIJAKAN PEMERINTAH KOLONIAL’’
3.      kelompok yang lain menyoroti dan menelaah serta menanyakan hal-hal yang kurang jelas kepada kelompok satu maupun kelompok dua.
4.      kelompok satu dan kelompok dua menjawab pertanyaan dari kelompok lainnya
5.      Seluruh siswa bersama guru  membuat kesimpulan hasil diskusi

c.    Penutup
1.      penilaian melalui pos tes
2.      Refleksi  :siswa dapat mengambil pelajaran yang positif apa yang pernah diterapkan oleh kaum kolonial dan membuang  pelajaran yang negatif yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

  1. Pertemuan 3
a.   Pendahuluan: menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Apersepsi : Tanya jawab mengenai materi pertemuan yang lalu dan kesiapan kelompok tiga yang akan mempresentasikan makalahnya.
-     Motivasi          : menampilkan peta dan gambar-gambar tokoh(pahlawan) Indonesia yang menentang pemerintahan kolomial.

b.   Kegiatan Inti
1.      Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya seperti pertemuan lalu dan kelompok tiga dipersilakan mempresentasikan makalahnya yang berjudul “ PERLAWANAN RAKYAT MENENTANG KOLONIALISME BARAT DI BERBAGAI DAERAH”
2.      Kelompok yang lain menyoroti, menanggapi,menelaah dan menanyakan hal-hal yang tidak jelas untuk mendalami materi yang dibahas.
3.      Masing-masing kelompok dapat ikut membantu menjawab maupun menambahkan jawaban  yang kurang sempurna atau tidak jelas.      
4.      Memberikan tugas kepada seluruh siswa  untuk menelaah peta membuat (mencontoh) peta daerah mana saja yang penduduknya mayoritas beragama Kristen.
5.      Guru  bersama–sama siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.

c.    Penutup
1.      Penilaian dengan mengadakan postes
2.      Refleksi ; siswa mengkaji penyebab kegagalan perlawanan rakyat Indonesia dan pelajaran apa saja yang dapat diambil dari pelajaran tersebut.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

E. Sumber dan Media Pembelajaran

1.      Peta
2.      Gambar-gambar tokoh
3.      Buku sumber yang relevan

F. Penilaian

  1. Teknik Penilaian:
a.       Tes tertulis
b.      Tes unjuk kerja.
  1. Bentuk Instrumen:
a.    Tes uraian
b.   Penugasan (produk)
  1. Soal/instrumen:
1.      Sebutkan daerah mana saja yang pertamakali dimasuki oleh bangsa asing?
2.      Apa perbedaan sitem tanam paksa pada masa Daendles dan Van Bush?
3.      Sebutkan dua contoh peninggalan tanam paksa yang masih dimanfaatkan sampai kini!
4.      Jelaskan faktor pendorong timbulnya perlawanan rakyat Indonesia terhadap pemerintah kolonial!
5.      Jelaskan mengapa perlawanan rakyat Indonesia terhadap pemerintah kolonial banyak mengalami kegagalan!
6.      Sebutkan daerah mana saja yang penduduknya beragama Kristen!
7.      Jelaskan faktor apa saja yang mendorong masuknya agama Kristen di Indonesia!


  1. Tugas rumah:
Mencari bukti-bukti peninggalan masa pemerintah kolonial  Belanda di daerah masing-masing.
Menggambar dan mengarsir peta daerah-daerah mana yang penduduknya mayoritas beragama Kristen.



                                                                                                             Rongi,    Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
 IHSAN ISKANDAR, S.Pd





G. LAMPIRAN

Format penilaian peta

NO
NAMA
ASPEK
JUMLAH
NILAI
1
2
3
4
5
SKOR





































 Keterangan
1. Banyaknya bukti yang di dapat                                                                              4
2. Kebenaran bentuk peta                                                                                           5
3. Kebenaran memberi tanda daerah-daerah mayoritas beragama Kristen                 5
4. Kemampuan mempresentasikan                                                                              6
5. Laporan      
                                                                                    Jumlah maksimum                   20

NILAI = Jumlah skor yang dicapai : jumlah aspek
Format penilaian diskusi dan presentasi:
1.   Isi makalah (hasil diskusi)
2.   Kekompakan kelompok (kerjasama)
3.   Aktivitas kelompok menjawab pertanyaan
4.   Bobot pertanyaan dan jawaban
5.   Interaksi dalam membuat kesimpulan



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Neg. 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
2.    Memahami proses kebangkitan
Kompetensi Dasar
:
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia.
Indikator
:
ü  Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial, perkembangan pendidikan barat, dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia.
ü  Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia.
ü  Mendeskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia.
ü  Mendeskripsikan peran manifesto politik 1925, kongres pemuda 1928, dan kongres perempuan pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia.
Alokasi Waktu
:
10 x 40 menit (5 x pertemuan)



A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai,  siswa dapat :
1.      Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial.
2.      Menjelaskan perkembangan pendidikan Barat dan Islam.
3.      Menjelaskan pengaruh pendidikan Barat dan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia.
4.      Menguraikan peranan golongan terpelajar, profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia.
5.      Menjelaskan faktor dari dalam negeri dan faktor dari luar negeri yang mendorong lahirnya pergerakan Nasional Indonesia.
6.      Menjelaskan kronologis lahir dan bentuk perjuangan dari organisasi Budi Utomo, Indische Party, Muhammadiyah dan Sarekat Islam.
7.      Menjelaskan kronologi lahir dan kegiatan perjuangan dari organisasi kedaerahan, kepemudaan dan kewanitaan.
8.      Menjelaskan kegiatan perjuangan golongan radikal dan moderat.
9.      Menjelaskan kronologi konggres Pemuda I dan II, kongres wanita Indonesia.

B. Materi Pembelajaran
1.      Perkembangan pendidikan Barat dan pendidikan Islam terhadap munculnya Nasionalisme Indonesia.
2.      Peranan golongan pelajar, profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia.
3.      Perkembangan pergerakan Nasional yang tumbuh sebagai pemula.
4.      Lahir, berkembang dan perjuangan organisasi yang bersifat etnis, kedaerahan dan kepemudaan.
5.      Usaha-usaha perjuangan
-          Konggres Pemuda & Wanita
-          Organisasi yang radikal dan moderat.

C. Metode
1.      Studi Kepustakaan
2.      Diskusi Kelompok
3.      Diskusi Panel
4.      Tanya Jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan
1.      Pertemuan 1
a.   Pendahuluan: menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Apersepsi : Mengingatkan tujuan kehadiran bangsa-bangsa asing di Indonesia melalui tanya jawab.
-     Motivasi          : menampilkan gambar kongres Pemuda II dan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

b.   Kegiatan Inti
1.      Meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya untuk menelaah makalah yang akan dipresentasikan kelompok empat
2.      Kelompok empat mempresentasikan makalahnya yang berjudul “PERKEMBANGAN PENDIDIDKAN BARAT dan ISLAM  terhadap  MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA” dan 7 kelompok lain menyoroti dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan masalah pendidikan Barat dan pendidikan Islam serta lahirnya gerakan nasionalis Indonesia.
3.      Kelompok lain mengajukan pertanyaan sebagai pendalaman.
4.      Pemakalah kelompok empat menjawab pertanyaan dari kelompok-kelompok lain.
5.      Kelompok lainnya selain bertanya di izinkan membantu memberi jawaban atau melengkapi dan meluruskan jawaban kelompok empat.
6.      guru bersama siswa membuat kesimpulan diskusinya.

c.    Penutup
1.      Penilaian
2.      Seluruh siswa bersama-sama mengumpulkan pembahasan tentang pendidikan Barat, Islam dan pengaruh terhadap pergerakan nasional.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

2.      Pertemuan 2
a.   Pendahuluan:
1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2.      Tanya jawab tentang pengaruh pendidikan terhadap lahirnya pergerakan Nasional.
3.      Ditayangkan gambar Konggres Pemuda II & Proklamasi Kemerdekaan,

b.   Kegiatan Inti
1.      Meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya untuk menelaah makalah yang akan dipresentasikan kelompok  lima.
2.      Kelompok lima mempresentasikan makalahnya tentang peranan pelajar, profesional dan pers dalam tumbuh dan kembangnya kesadaran Nasional serta faktor luar dan dalam yang mendorong lahirnya pergerakan Nasional.
3.      Kelompok lain mengajukan pertanyaan sebagai pendalaman.
4.      Pemakalah kelompok lima menjawab pertanyaan dari kelompok-kelompok lain.
5.      Kelompok lain  di izinkan membantu memberi jawaban atau melengkapi dan meluruskan jawaban kelompok lima
6.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan diskusi.

c.    Penutup
1.      Penilaian
2.      Seluruh siswa bersama-sama mengumpulkan pembahasan tentang pendidikan Barat, Islam dan pengaruh terhadap pergerakan nasional.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

3.      Pertemuan 3
a.   Pendahuluan:
1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2.      Melakukan tanya jawab tentang materi yang lalu.
3.      menanyangkan gambar Konggres Pemuda II & Proklamasi Kemerdekaan,

b.   Kegiatan Inti
1.      Meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya untuk menelaah makalah yang akan dipresentasikan kelompok 6.
2.      Presentasi makalah kelompok 6 tentang lahir dan berkembang organisasi nasional dan agama
3.      Kelompok lain mengajukan pertanyaan sebagai pendalaman.
4.      Pemakalah kelompok 6 menjawab pertanyaan dari kelompok-kelompok lain.
5.      Kelompok 1-8 di izinkan membantu memberi jawaban atau melengkapi dan meluruskan jawaban kelompok 6.

c.    Penutup
1.      Penilaian
2.      Seluruh siswa bersama-sama mengumpulkan pembahasan tentang pendidikan Barat, Islam dan pengaruh terhadap pergerakan nasional.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

4.      Pertemuan 4
a.   Pendahuluan:
1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2.      Tanya jawab tentang organisasi nasional dan agama.
3.      Ditayangkan gambar Kongres Pemuda II & Proklamasi Kemerdekaan,

b.   Kegiatan Inti
1.      Meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya untuk menelaah makalah yang akan dipresentasikan kelompok 7.
2.      Kelompok 7 mempresentasikan makalahnya tentang aktivitas organisasi-organisasi kependudukan yang bersifat nasional dan daerah serta yang bercorak radikal (keras) maupun moderat (lunak).
3.      Kelompok lain mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan masalah dan usul-usul.
4.      Kelompok 7 menjawab pertanyaan kelompok lain  atau kelompok lain meluruskan membantu jawaban dari kelompok 8         
5.      Kelompok 1-8 di izinkan membantu memberi jawaban atau melengkapi dan meluruskan jawaban kelompok 7.

c.    Penutup
1.      Penilaian
2.      Seluruh siswa bersama-sama mengumpulkan pembahasan tentang pendidikan Barat, Islam dan pengaruh terhadap pergerakan nasional.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

5.      Pertemuan 5
a.   Pendahuluan:
1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2.      Melakukan tanya jawab tentang materi yang lalu.
3.      Menayangkan gambar Konggres Pemuda II & Proklamasi Kemerdekaan,

b.   Kegiatan Inti
1.      Meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya untuk menelaah makalah yang akan dipresentasikan kelompok 6.
2.      Kelompok 8 mempresentasikan makalah tentang konggres  Pemuda II dan Konggres Wanita.
3.      Kelompok lain mengajukan pertanyaan sebagai pendalaman.
4.      Pemakalah kelompok 8 menjawab pertanyaan dari kelompok-kelompok lain.
5.      Kelompok 1-8 di izinkan membantu memberi jawaban atau melengkapi dan meluruskan jawaban kelompok 8.

c.    Penutup
1.      Penilaian
2.      Seluruh siswa bersama-sama mengumpulkan pembahasan tentang pendidikan Barat, Islam dan pengaruh terhadap pergerakan nasional.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.




                                                                                                             Rongi,    Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa
Guru Mata Pelajaran





 LA ODE ASRI, S.Pd.,M,Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
 IHSAN ISKANDAR, S.Pd



E. Lampiran



Format penilaian peta

NO
NAMA
ASPEK
JUMLAH
NILAI
1
2
3
4
5
SKOR





































Keterangan
1. Banyaknya bukti yang di dapat                                                                              4
2. Kebenaran bentuk peta                                                                                           5
3. Kebenaran memberi tanda daerah-daerah mayoritas beragama Kristen                 5
4. Kemampuan mempresentasikan                                                                              6
5. Laporan      
                                                                               Jumlah maksimum                        20

NILAI = Jumlah skore yang dicapai : jumlah aspek

Format penilaian diskusi dan presentasi:
1.      Isi makalah (hasil diskusi)
2.      Kekompakan kelompok (kerjasama)
3.      Aktivitas kelompok menjawab pertanyaan
4.      Bobot pertanyaan dan jawaban
5.      Interaksi dalam membuat kesimpulan










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Negeri 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
3.    Memahami masalah penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar
:
3.1  Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial
       (miras,judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan
       sebagainya) sebagai akibat penyimpangan
       sosialdalam keluarga.
3.2  Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan  Penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Indikator
:
·         Mengendifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
·         Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.
·         Mengidentifikasi akibat penyimpanan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial.
·         Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Alokasi Waktu
:
5 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
2.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
3.      Mengidentifikasi jenis-jenis penyimpangan sosial.
4.      Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.
5.      Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
6.      Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial.

B. Materi Pembelajaran

1.      Pengertian penyimpangan sosial
2.      Bentuk-bentuk penyimpangan sosial
3.      Jenis-jenis penyimpangan sosial
4.      Contoh-contoh penyimpangan sosial
5.      Akibat-akibat penyimpangan sosial
6.      faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial

C. Metode

1.      Ceramah bervariasi
2.      diskusi
3.      tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan

1.      Pertemuan 1
a.   Pendahuluan:
1.      Apersepsi : mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
2.      Motivasi : bertanya kepada siswa mengenai contoh-contoh penyimpangan sosial yang di sekitar lingkungan interaksi siswa.


b.   Kegiatan Inti
1.      Guru membagi kelas atas 5 kelompok.
2.      Masing-masing kelompok membuat laporan tentang tema sebagai berikut.
·         kelompok I membahas pengertian dan kasus-kasus penyimpangan sosial
·         kelompok II membahas bentuk-bentuk penyimpangan sosial
·         kelompok III membahas Jenis-jenis penyimpangan sosial
·         kelompok IV membahas akibat penyimpangan sosial
·         kelompok V membahas faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial

3.      Pada pertemuan 1, kelompok I, II, dan III mempresentasikan dan kemudian mendiskusikannya dengan kelompok lain yang memberikan tanggapan.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan secara bersama-sama
2.      Memberikan tugas membuat kliping (bersumber dari berbagai media) mengenai macam-macam bentuk penyimpangan sosial.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.
    

2.      Pertemuan 2
a.   Pendahuluan:
1.      Apersepsi : mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
2.      Motivasi : bertanya kepada siswa mengenai pengertian dari pengendalian sosial.

b.   Kegiatan Inti
1.      Kelompok IV dan V mengumpulkan laporan dan mempresentasikan hasil laporan.
2.      Masing-masing kelompok membuat laporan tentang tema sebagai berikut.
·         kelompok I membahas pengertian dan kasus-kasus penyimpangan sosial
·         kelompok II membahas bentuk-bentuk penyimpangan sosial
·         kelompok III membahas Jenis-jenis penyimpangan sosial
3.      mendiskusikannya sementara kelompok lain memberikan tanggapan.

c.    Penutup
1.      Membuat kesimpulan secara bersama-sama
2.      Memberikan tes.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

E. Sumber dan Media Pembelajaran

1.      buku yang relevan
2.      media cetak

F. Penilaian

1. teknik penilaian
-          tes unjuk kerja
-          tes lisan

2.      bentuk Instrumen
-          tes uraian
-          penugasan (produk)
    3.  Instrumen
1.      Sebutkan 3 contoh penyimpangan sosial!
2.      Sebutkan 4 bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat!
3.      Sebutkan jenis-jenis penyimpangan sosial yang kalian ketahui!
4.      Jelaskan akibat dari prilaku menyimpang
5.      Sebutkan upaya-upaya untuk mencegah prilaku menyimpang




                                                                                                             Rongi,   Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa.
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
IHSAN ISKANDAR, S.Pd












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Negeri 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
4.    Memahami kegiatan pelaku ekonomi di
       masyarakat.
Kompetensi Dasar
:
4.1  Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
Indikator
:
Ø  Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab  terjadinya kelangkaan.
Ø  Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan, memanfaatkan sumber daya yang langka untuk berbagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan.
Ø  Mengidentifikasi arti dan jenis kebutuhan.
Ø  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
Ø  Menjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya.
Ø  Mengidentikasi arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan .
Alokasi Waktu
:
5 x 40 menit (2 x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Mendiskripsikan arti kelangkaan sumber daya.
2.      Mengidentifikasi faktor – faktor penyebab terjadinya kelangkaan.  
3.      Mengidentifikasi dan diskripsikan usaha- usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan.        
4.      Mendiskripsikan arti kebutuhan.
5.      Mengidentifikasi jenis – jenis kebutuhan manusia.  
6.      Mengidentifikasi dan diskripsikan faktor – faktor penyebab kebutuhan manusia  beraneka ragam dan  tidak terbatas.
7.      Mengidentifikasi dan mendiskripsikan macam- macam alat pemenuhan kebutuhan.
8.      Menyusun skala prioritas kebutuhan.

B. Materi  Pokok
1.      Kelangkaan Sumber Daya
2.      Usaha-usaha manusia mengatasi kelangkaan.
3.      Kebutuhan manusia yang tidak tebatas.
4.      Skala prioritas kebutuhan.

C. Metode
1.      Ceramah.
2.      Inquiri
3.      Diskusi
4.      Tanya – jawab

D. Strategi Pembelajaran   
           
No
Kegiatan
Waktu

1.

















2.






      Pendahuluan
      - Apersepsi :  Coba siapa yang  dalam keluarga, seluruh kebutuhannya terpenuhi   dengan baik ? tanpa kekurangan .
      - Motivasi   :   Siswa diminta mendata kebutuhan yang belum terpenuhi.

Kegiatan inti
1.      Siswa secara berkelompok membahas tentang arti kelangkaan,sebab- seab terjadinya kelangkaan dan usaha-usaha mengatasi kelangkaan.
2.      Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
3.      Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
4.      Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.
  
 Penutup
       - Penilaian  :  Guru memberikan pos tes.
       - Refleksi    :  Siswa mengungkapkan perlunya pola hidup hemat dalam rumah tangga / pribadi.

Pendahuluan
      -  Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa ? .
      - Apersepsi :   Guru menanyakan arti kebutuhan.
      - Motivasi   :   Siswa diminta mendata kebutuhannya sebagai pelajar .

Kegiatan inti
1.      Siswa secara berkelompok membahas tentang arti kebutuhan, jenis-jenis kebutuhan, factor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam, alat pemenuhan kebutuhan  dan menentukan skala prioritas kebutuhan.
2.      Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
3.      Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
4.      Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.

Penutup
       - Penilaian  :  Guru memberikan pos tes.
       - Refleksi    :  Siswa mengungkapkan perlunya menyusun skala prioritas    
                              kebutuhan agar terjadi keseimbangan .


5’





20’

30’

10’



10’
5’



5’




20’



30’


10’


10’

5’

E. Sumber dan Media Pembelajaran :
1.    Sumber belajar  :    - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Lingkungan tempat tinggal , sekolah dan masyarakat.  .
2.    Media               :    Gambar – gambar


F.   Penilaian
  1. Jenis tagihan             :  tes/nontes.
  2. Teknik                      :  kuis, tes tertulis, dan proyek.
  3. Bentuk instrumen     :  uraian singkat, Isian singkat, Pilihan Ganda & Pertanyaan lisan, serta Rubrik penilaian.
  4. Soal/instrumen         :   terlampir.

                                                                                                             Rongi,    Juli  2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa.
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
IHSAN ISKANDAR, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Negeri 4 Sampolawa.
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
4.    Memahami kegiatan pelaku ekonomi di
       masyarakat.
Kompetensi Dasar
:
4.2  Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
Indikator
:
*      Menggolongkan pelaku ekonomi utama dalam perekonomian.
*      Mengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan Koperasi.)
*      Mengidentifikasi pokok-pokok perkoperasian di Indonesia (pengertian, landasan, asas, sejarah, keanggotaannya, sumber modal dan prinsip-prinsip.
*      Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pembagian SHU, pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi
*      Mampu menampilkan simulasi dalam tatacara pendirian koperasi.
Alokasi Waktu
:
5 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi Pelaku utama dalam sektor usaha formal..
2.      Mendiskripsikan arti  perusahaan swasta dan negara, serta koperasi.
3.      Mendiskripsikan   peranan perusahaan swasta dan negara, serta koperasi bagi masyarakat..
4.      Mendiskripsikan landasan, asas, dan sumber permodalan koperasi Indonesia.
5.      Mengidentifikasi  prinsip-prinsip Koperasi Indonesia.

B.   Materi Pembelajaran
1.      Pengertian pelaku ekonomi.
2.      Rumah tangga keluarga dan masyarakat
3.      Perusahaan swasta dan negara
4.      Koperasi.

C   Metode
1.      Ceramah.
2.      Inquiri
3.      Diskusi
4.      Tanya – jawab

D. Strategi Pembelajaran   
           
No
Kegiatan
Waktu
1.























2.
Pertemuan 1

a.   Pendahuluan
     -  Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa ? .
      - Apersepsi :   Siswa diminta menyebutkan perusahaan – perusahaan / koperasi yang
                              ada dilingkungannya.
      - Motivasi   :   Siswa diminta

b. Kegiatan inti
1)      Siswa secara berkelompok membahas tentang  BUMN dan BUMS.    
2)      Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,  
       kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
3)      Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
4)      Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.

c.    Penutup
       - Penilaian  :  Guru memberikan pos tes.
       - Refleksi    :  Siswa mengungkapkan pentingnya BUMN dan BUMS bagi masyarakat.



Pertemuan 2
a.   Pendahuluan
     -  Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa ? .
      - Apersepsi :   Siswa ditanya apakah pernah memanfaatkan jasa koperasi
      - Motivasi   :   Dijelaskan tentang pentingnya koperasi bagi masyarakat.

Kegiatan inti
1)      Siswa secara berkelompok membahas tentang  arti,tujuan , azas, permodalan dan prinsip-prinsip koperasi.
2)      Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,  
            kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
3)      Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
4)      Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.


c.    Penutup
       - Penilaian  :  Guru memberikan post tes.
       - Refleksi    :  Siswa mengungkapkan pentingnya koperasi bagi masyarakat.


5’






20’

30’



10’




10’
5’




5’




20’

30’

10’





10’
5’


E. Sumber dan Media Pembelajaran        
1.      Sumber belajar  : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
                     -  Lingkungan tempat tinggal , sekolah dan masyarakat.  .
2.      Media               : Gambar – gambar


F.   Penilaian
1.      Jenis tagihan              :  tes   / nontes.
  1. Teknik                      :   kuis, tes tertulis, proyek.
  2. Bentuk instrumen     :  uraian singkat, Isian singkat, Pilihan Ganda Pertanyaan lisan, Rubrik penilaian.
  3. Soal/instrumen         :  terlampir.


                                                                                                             Rongi,   Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa.
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
IHSAN ISKANDAR, S.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SMP
:
SMP Negeri 4 Sampolawa
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
4.    Memahami kegiatan pelaku ekonomi di
       masyarakat.
Kompetensi Dasar
:
4.3  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Indikator
:
*      Menjelaskan pengertian, fungsi dan peranan pasar bagi masyarakat.
*      Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
*      Mengklarifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.
*      Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya.
*      Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar.
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit (2 x pertemuan)



A.  Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Mendiskripsikan arti dan fungsi pasar.
2.      Mengidentifikasi syarat – syarat terjadinya pasar.
3.      Mendiskripsikan peranan pasar bagi masyarakat / pemerintah.
4.      Mengidentifikasikan macam – macam pasar
5.      Membedakan antara pasar konkrit dengan pasar abstrak.
6.      Mendemonstraikan aktifitas jual beli seperti kegiatan di Pasar.

B. Materi  Pembelajaran
1.      Pengertian, syarat- syarat  dan funsi pasar.
2.      Peranan pasar bagi masyarakat dan pemerintah
3.      Macam – macam pasar.
4.      Perbedaan pasar konkrit dengan pasar abstrak.
5.      Simlasi kegiatan jual beli.
     
C. Metode
1.      Ceramah.
2.      Inquiri
3.      Diskusi
4.      Tanya – jawab

D. Strategi Pembelajaran   
           
No
Kegiatan
Waktu
1.






























2.
Pertemuan 1

a.   Pendahuluan
     -  Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa  .
      - Apersepsi :   Siswa diminta bercerita pengalaman di pasar.
     
b. Kegiatan inti
a.       Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar.    
b.      Tiap kelompok belajar terdiri dari  5  anggota yang merupakan kelompok ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3 dan seterusnya .
c.       Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang pengertian,    
     syarat- syarat  dan funsi pasar.peranan pasar bagi masyarakat dan pemerintah
d.      Setelah menerima soal , kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli,  
      untuk membahas soal sesuai dengan nomornya.
e.       Kelompok  ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya.
f.       Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya.
g.       Salah satu anggota kelompokbelajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya .
h.      Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
i.        Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
j.        Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.

c.    Penutup
       - Penilaian  :  Guru memberikan pos tes.
       - Refleksi    :  Siswa mengungkapkan pentingnya pasar bagi masyarakat.

Pertemuan 2

a.   Pendahuluan
     -  Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa  .
      - Apersepsi :   Siswa diminta menyebutkan macam-macam  pasar yang pernah dikunjungi..
b. Kegiatan inti
1.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar.    
2.      Tiap kelompok belajar terdiri dari  5  anggota yang merupakan kelompok    ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3 dan seterusnya .
3.      Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang macam – macam   pasar, perbedaan pasar konkrit dan pasar abstrak serta simulasi jual beli  seperti dipasar tradisional.
4.      Setelah menerima soal , kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli, untuk membahas soal sesuai dengan nomornya.
5.      Kelompok  ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya.
6.      Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya.
7.      Salah satu anggota kelompokbelajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya .
8.      Anggota kelompok yang baru saja presentasi , menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal , dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
9.      Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
10.  Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.

c.    Penutup
       - Penilaian  :  Guru memberikan pos tes.
       - Refleksi    :  Siswa mengungkapkan pentingnya pasar bagi masyarakat.



5’






5’





5’

25’



25’



5’


5’
5’




5’






5’



5’


25’


25’




5’


5’
5’


E.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber belajar  : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
                                   - Lingkungan tempat tinggal , sekolah dan masyarakat.  .
2.      Media               : Gambar – gambar




F.   Penilaian
1.      Jenis tagihan             :   Tes   / nontes.
  1. Teknik                      :   Kuis, tes tertulis, proyek.
  2. Bentuk instrumen     :  Uraian singkat, Isian singkat, Pilihan Ganda Pertanyaan lisan, Rubrik penilaian.
  3. Soal/instrumen         :  terlampir.



                                                                                                             Rongi,   Juli 2011
Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Sampolawa
Guru Mata Pelajaran





LA ODE ASRI, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19690609 199702 1 002
IHSAN ISKANDAR, S.Pd





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar